Artikel

Peran Wanita dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Written by admin.piisei June 26, 2020 0 comment

Dalam lingkungan rumah tangga, kaum wanita (Ibu) mempunyai tanggung jawab dalam mendidik keluarga dan anak-anaknya, pengertian ini harus ditanamkan sedini mungkin kepada anak-anak agar hasilnya lebih mudah dan lebih baik, melalui kegiatan sehari-hari kaum wanita dapat menanamkan dan membentuk norma atau etika lingkungan hidup yang baik dan benar untuk kemudian diterapkan dalam keluarga dan dimana saja.

Pekerja wanita terutama ibu rumah tangga, berhubungan erat dengan lingkungan sekitarnya. Wanitalah yang bertanggung jawab dalam hal menyediakan makanan sehat dan air minum, menangani masalah kesehatan rumah keluarga, sanitasi dan penanganan limbah. Sebagai implikasi dari peranannya itu wanita juga paling merasakan dampak negatif dari kemunduran dan kerusakan lingkungan.

Berbagai pekerjaan dalam rumah tangga sering menggunakan bahan pendukung untuk kegiatan sehari-hari yang tanpa kita sadari ataupun kita ketahui sebenarnya beracun dan berbahaya . Bahan seperti ini mengandung resiko dihasilkannya limbah yang bersifat beracun dan berbahaya (B3), yakni limbah yang sifat dan jumlahnya langsung maupun tidak langsung merupakan ancaman yang membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan serta memerlukan perlakuan khusus dalam penempatan, penyimpanan serta pembuangan untuk memperkecil atau meniadakan bahaya yang ditimbulkan, seperti ledakan, kebakaran, korosi, oksidasi, infeksi atau keracunan.

Sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan pendukung kegiatan sehari-hari yang terbuat dari bahan kimia beracun dan berbahaya. Trend kini yang sedang berkembang adalah “kembali ke alam”, yaitu menggunakan bahan-bahan asli dari alam.

artikel : PI ISEI Cabang Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.