Artikel

Langkah Tepat Tampil Langsing

Written by admin.piisei February 17, 2020 0 comment

Mitos seputar obesitas

Mitos : Obesitas adalah hal yang bersifat menurun (genetis)

Fakta : Tidak benar. Orang tua yang gemuk memang punya kecenderungan memiliki anak yang gemuk tetapi kegemukan tidak menurun, yang biasa diturunkan ke anak adalah pola makan orang tuanya.

Mitos : Obesitas dapat diatasi dengan diet ekstra ketat.

Fakta : Tidak benar. Diet ketat bila tanpa program, selain tidak sehat juga tidak bisa menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan lemak di tubuh, bahkan dapat menimbulkan masalah kekurangan gizi. Yang benar adalah diet terprogram dengan pengarahan ahli gizi, hingga dapat membantu mengurangi berat badan secara lebih sehat.

Mitos : Obat pelangsing yang efektif adalah yang memberikan efek sering buang air besar/kecil.

Fakta : Tidak benar.  Terlalu sering buang air kecil dapat menyebabkan kekurangan cairan dan hilangnya garam-garam yang berguna bagi tubuh. Sedangkan terlalu sering buang air besar menyebabkan terganggunya metabolisme. Tidak normalnya kedua aktifitas tersebut akan menyebabkan tubuh menjadi lemas karena kekurangan energi yang pada akhirnya menyebabkan ketidaknormalan aktifitas sehari-hari.

Mitos : Olahraga dapat membakar lemak.

Fakta : Tidak sepenuhnya benar. Olah raga umumnya dilakukan untuk membakar kalori dan mengencangkan otot-otot hingga tubuh menjadi lebih kencang.

Mitos : Makanan manis menggemukkan.

Fakta : Benar. Makanan yang banyak mengandung gula bisa menambah berat badan lebih cepat. Karena kadar gula yang berlebihan dapat merusak mineral kronium, yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membakar kalori.

Mitos : Ngemil bisa bikin gemuk ?

Fakta : Bisa, bila camilan tersebut terbuat dari bahan makanan berkalori tinggi seperti gula, memtega, terigu, telur dan minyak. Bila Anda suka ngemil hindari camilan jenis ini dan ganti dengan camilan yang lebih sehat, misalnya asinan, puding buah, crackers, yoghurt, buah-buahan dan camilan yang terbuat dari sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.