Rumah Tangga dan Karir

Memahami Pelanggan

Written by admin.piisei May 27, 2019 0 comment

Menerjuni dunia usaha, kendati skala kecil, berarti Anda berkecimpung dalam kepentingan banyak orang. Untuk itu Anda harus berusaha memahami perilaku mereka yang menjadi pelanggan Anda. Jika mereka puas pada pelayanan yang Anda berikan, niscaya mereka akan terus menerus membeli produk yang Anda tawarkan.

Cobalah memahami pelanggan Anda dengan cara :

Personel.

Pahami apa sebetulnya yang mereka butuhkan. Selain itu, cari tahu ’siapa’ pelanggan Anda. Pendekatan personel dengan sapaan khas yang mengakrabkan, tentulah membuat pelanggan merasa mendapatkan perhatian khusus.

Informasi akurat.

Jangan mencoba memberi informasi yang menyesatkan demi promosi produk/jasa Anda. Bicaralah apa adanya, bahkan jika mungkin kemukakan kelemahan (produk/jasa) yang memang Anda ketahui. Tentu saja  berikut solusinya. Sikap ini akan lebih dihargai ketimbang Anda membual dan berjanji terlalu banyak.

Saling menguntungkan.

Ingatlah selalu prinsip win-win situation dan kondisikan pelanggan Anda, tidak hanya Anda sebagai penyedia produk/jasa yang beruntung, dia pun akan beruntung.

Purna jual.

Biasakan menghubungi kembali pelanggan dan tanyakan kondisi produk yang digunakannya. Informasikan pula produk atau layanan terbaru yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.