Wisata & Kuliner Nusantara

Menyimpan Seafood

Written by admin.piisei May 27, 2019 0 comment

Cermati tip berikut agar seafood yang akan kita olah terjaga kebersihan dan kesegarannya:

  1. Ikan yang dibeli kadang-kadang menjadi tidak segar saat kita tiba dirumah. Rendam ikan dalam air es yang telah dicampur dengan garam 15 menit. Untuk 1 L air es diperlukan 1 sdm garam dan ikan akan segar kembali.
  2. Udang segar dapat  disimpan dalam lemari pendingin (bukan dalam Freezer) selama 2 hari. Caranya, bersihkan udang dan buang kotorannya (walaupun kita ingin menyimpannya dalam keadaan berkulit), tiriskan dan simpan dalam lemari pendingin.
  3. Jika ingin langsung mengolah seafood hidup seperti kepiting atau lobster setelah dibeli, taruh seafood tersebut dalam wadah di bawah aliran air bersih dengan kaki dan capit terikat. Maksudnya agar seafood tersebut tidak berjalan ke sana kemari.
  4. Beri label yang jelas pada setiap bungkus seafood terutama tanggal pembelian dan tanggal awal pembekuan. Bungkus seafood untuk satu kali penggunaan hingga tidak perlu mencairkan seluruh seafood.
  5. Jika seafood beku ingin digunakan, pindahkan seafood dari freezer ke rak pendingin hingga es mencair lalu gunakan segera. Jangan mengulang proses pembekuan karena seafood menjadi rentan terhadap kontaminasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.